-->
Home » , » Bagian-bagian Mata

Bagian-bagian Mata

Bagian-bagian Mata.
 
Bola mata atau biji mata terletak di dalam rongga mata dan dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak. Bagian luar bola mata dilindungi oleh kelopak mata. Tepat di atas sudut luar mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi membasahi dan membersihkan permukaan mata. Bagian-bagian mata secara singkat dapat di uraikan sebagai berikut:
 
1. Kornea
Sklera merupakan dinding yang terluar, keras dan putih, biasanya di sebut bagian putih. Bagian depannya menonjol dan tembus cahaya (transparan) dinamakan Kornea . kornea berfungsi membantu memfokuskan bayangan benda pada retina. Kornea memiliki selaput tipis yang disebut konjungtiva.
 
2. Pupil
Lapisan kedua dari bola mata adalah koroid. Lapisan tersebut merupakan lapisan tengah disebut selaput darah karena banyak terdapat pembuluh-pembuluh darah kecuali pada bagian depan. Pada bagian depan lapisan tersebut sedikit terbuka disebut pupil. Pupil terletak tepat di belakang kornea bagian tengah.
 
Pupil dapat mengalami perubahan ukuran, bergantung dari intensitas cahaya yang masuk ke mata. Perubahan ini terjadi secara refleks. Apabila cahaya sangat terang atau kuat, pupil akan menyempit atau mengalami kontraksi, sebaliknya apabila cahaya redup, pupil akan melebar atau mengalami dilatasi.
 
3. Lensa mata
Di bagian belakang pupil terdapat bagian yang cembung, yaitu lensa. Lensa di dukung oleh otot yang  disebut muskulus siliaris (otot daging melingkar). Apabila otot ini mengalami kontraksi akan terjadi perubahan ukuran lensa. Hal itu terjadi apabila anda melakukan pengamatan cermat yang tertuju pada suatu objek tertentu baik pada jarak yang dekat maupun jauh.
Ruangan diantara lensa dan kornea berisi cairan  encer yang disebut equeous humor. Dibagian dalam bola mata berisi cairan kental dan transparan. Substansi (bahan) inilah yang menyebabkan bola mata menjadi kukuh. Cairan ini disebut vitreous humor. Cairan yang terdapat diantara kornea dan lensa biasanya lebih encer, sedangkan diantara lensa dan retina menyerupai agar-agar. Jika terlalu banyak cairan di dalam mata akan terjadi gangguan yang di sebut glaukoma. Penyakit ini dapat menimbulkan kebutaan apabila tidak diobati.
 
4. Retina
Retina merupakan lapisan mata yang terdalam, sangat kompleks, dan lunak. Pada bagian terdalam retina terdapat beberapa lapisan sel, yaitu reseptor, ganglia, dan serabut saraf. Retina berisi reseptor untuk menerima rangsang cahaya, sehingga reseptor ini disebut fotoreseptor. Pada retina ada satu titik atau bintik yang tidak mempunyai sel-sel batang maupun konus disebut bintik buta.

0 komentar:

Post a Comment

Loading...
Loading...